Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas di SMUN I Banjarmasin
Pembelajaran IPA
(sains) saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat
konvensional yaitu pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Sistem
pembelajaran tersebut juga diterapkan di SMUN I Lawang, hal itu akan dapat
menyebabkan siswa menjadi pasif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui prestasi belajar
fisika manakah yang lebih tinggi antara siswa yang diajar melalui pendekatan
problem posing berbasis aktivitas dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan
pendekatan konvensional, (2) mengetahui kemampuan siswa dalam merumuskan soal
pada kelas yang diajar dengan pendekatan problem posing berbasis aktivitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas 1 SMUN I BJM tahun ajaran 2002/2003. Diantara 10 kelas yang
ada dilakukan pengambilan sampel secara
acak. Penelitian ini bersifat eksperimental semu, yang melibatkan variabel
perlakuan berupa model pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan problem posing berbasis aktivitas yang dikenakan
pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol
menggunakan pendekatan konvensional untuk pokok bahasan getaran dan
gelombang. Rancangan ini melibatkan dua kelas sampel, maka desain penelitian
yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test Control Group Desain. Kerangka
rancangan dimulai dari uji coba instrumen dan pengambilan data, analisis uji
instrumen dan analisis data serta uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) prestasi
belajar fisika bagi siswa yang diajar melalui pendekatan problem posing
berbasis aktivitas lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar fisika
bagi siswa yang diajar melalui pendekatan konvensional, yang terlihat dari
nilai rata-rata prestasi untuk kelas eksperimen adalah 84,47 sedangkan nilai
rata-rata prestasi untuk kelas kontrol adalah 68,50 dan juga dilihat dari thitung
> ttabel yaitu diperoleh thitung = 7,426 sedangkan ttabel
(72; .05) = 2,647 (2) kemampuan merumuskan soal bagi kelas yang diajar
melalui pendekatan problem posing berbasis aktivitas tergolong sangat baik
yaitu mencapai 84,7 %.
Untuk mendownload Skripsi Pendidikan Fisika dengan judul "Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran dan
Gelombang melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas di SMUN I
Banjarmasin" secara lengkap klik disini atau klik gambar download dibawa
ini kemudian klik SKIP AD atau LEWATI.